CARA MENCEGAH STRESS



Stress merupakan sumber dari berbagai penyakit pada manusia. Apabila stress tidak cepat ditanggulangi atau dikelola dengan baik, maka akan berdampak lebih lanjut seperti akan mudah terjadi gangguan atau terkena penyakit. Untuk mencegah stress agar tidak sampai ketahap yang lebih berat, maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.    Pengaturan diet dan nutrisi
Pengaturan ini merupakan cara yang efektif dalam mengurangi atau mengatasi stress melalui makan dan minum yang halal dan tidak berlebihan, dengan mengatur jadwal makan secara teratur, menu bervariasi, hindari makanan dingin dan monoton karena dapat menurunkan kekebalan tubuh.

2. Perbaiki Pola Makan Dengan Suplemen yang Berkualitas.
Sebagai tambahan untuk pola makanan diet yang seimbang, suplemen amat penting untuk keseluruhan kesehatan dan nutrisi. Mengkonsumsi suplemen adalah langkah besar untuk menolong sistem tubuh yang tengah gelisah yang beresiko lebih besar selama waktu-waktu stress. Semakin besar dukungan bagi sistem tubuh yang tengah stress, peneliti telah menunjukkan bahwa vitamin B-12 adalah nutrisi yang paling utama karena mendorong aktifitas sel saraf dalam tubuh. Badan Makanan dan Gizi AS telah merekomendasikan bahwa orang yang berusia lebih dari 51 tahun menyerap nutrisi tidak sebaik daripada apa yang harus dipakai tubuhnya. Oleh karena itu mereka harus melakukan diet suplemen vitamin B-12 atau dibentengi oleh produk makanannya.
3.    Istirahat dan tidur
Istirahat dan tidur merupakan obat yang baik dalam mengatasi stress karena dengan istirahat dan tidur yang cukup akan memuihkan keletihan fisik dan akan memulihkan keadaan tubuh. Tidur yang cukup akan membetikan kegairahan dalam hidup dan akan memperbaiki sel-sel yang rusak.
4.    Olah raga atau latihan teratur
Olah raga dan latihan teratur adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan fisik maupun mental. Olah raga dapat dilakukan dengan cara jalan pagi, lari pagi minimal dua kali seminggu dan tidak perlu lama-lama yang penting mengahasilkan keringat setelah itu mandi dengan air hangat untuk memulihkan kebugaran.

5.    Berhenti merokok
Berhenti merokok adalah cara menanggulangi stress karena dapat meningkatkan status kesehatan dan mempertahankan ketahanan dan kekebalan tubuh.
6.    Tidak mengkonsumsi minuman keras
Minuman keras merupakan pencetus yang dapat mengakibatkan terjadinya stresss. Dengan tidak mengkonsumsi minuman keras, kekebalan dan ketahanan tubuh akan semakin baik, segala penyakit dapat dihindari karena minuman keras dapat mengandung alkohol.
7.    Pengaturan berat badan
Peningkatan berat badan merupakan faktor yangdapat menyebabkan timbulnya stress karena mudah menurunkan daya tahan tubuh trhadap stress. Keadaan tubuh yang seimbang akan meningkatkan ketahanan dan kekebalan tubuh terhadap stress.
8.    Pengaturan waktu
Pengaturan waktu merupakan cara yang tepat dalam mengurangi dan menanggulangi stress. Dengan pengaturan waktu segala pekerjaan yang dapat menimbulkan kelelahan fisik dapat dihindari. Pengaturan waktu dapat dilakukan dengan cara menggunakan waktu secara efektif dan efesiensi serta melihat aspek produktivitas waktu. Seperti menggunakan waktu untuk menghasilkan sesuatu dan jangan biarkan waktu berlalu tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.
9. Hindari Atau Batasi Kafein.
Kafein adalah perangsang yang benar-benar membangkitkan reaksi stress dalam tubuh (Dr. David Posen, Canadian Journal of Continuing Medical Education). Orang yang membuat rendah kadar kafein atau bahkan menghilangkan masuknya kafein dilaporkan mempunyai kondisi perasaan yang lebih santai, lebih tidak gelisah dengan energi dan memperbaiki pola tidur. Lain kali kala anda membutuhkan secangkir kopi, carilah yang bebas kafein.
10.Nikmati Kesenangan Sederhana.
Terkadang hal-hal kecil justru yang amat berarti. Adalah menakjubkan bagaimana pengobatan sederhana yang berkaitan dengan kesenangan dapat mengurangi stress. Ambil waktu berjalan di danau atau taman, bermain dengan anak atau keponakan atau membaca buku. Buatlah waktu dalam jadwal anda untuk melakukan hal-hal sederhana yang membawa kegembiraan pada diri anda.
11. Memiliki sikap hidup positif
Berfikir rasional dan objektif dalam merencanakan kehidupan. Menerima keadaan yang tidak bisa di ubah dan mengubah apa yang bisa di ubah. Halini memerlukan keterampilandan kebijaksanaan dalam melakukannya.
12. Mengembangkan kehidupan spiritual
Dimulai dengan belajar memahami diri sendiri dengan caramemberi pujian, apresiasi, dan memahami kesalahan yang di lakukan. Setalah bisa melakukan itu, Anda akan lebih mudah memahami orang lain. Barulah kemudian Anda akan lebih mudah memahami TuhaN
13. Memiliki lingkugan yang nyaman
Temperatur yang terlalu tinggi atau terlalu rendah , suara amat bising , sinar terlalu terang atau gelap dapat mempengaruhi terjadinya stres sehingga dibutuhkan lingkungan atau tempat tinggal yang nyaman sehingga dapat terciptaya  kedamaian
14. Memiliki hubungan keluarga yang baik
Keluarga merupakan dasar dari kehidupa semua orang . Masalah apapun yang dialami di kantor atau disekolah dapat diatasi dengan baik oleh kehidupan keluarga , Tapi sebaliknya hubungan keluarga yang tidak baik dapat mempengaruhi kinerja di kantor maupu sekolah. Cara terbaik untuk menghindari stres yaitu dengan membangun hubungan yang harmonis dikeluargaserta menghindari masalah yag menyebabkannya.

Komentar